Alhamdulillah... setelah sekian lama (hampir 1 tahun) tidak bisa dibuka karena laptop admin bermasalah, tepat pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H bisa dikelola kembali. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini

Minggu, 16 September 2012

Empat Amalan Menggapai Cinta Allah

"Tiada Kata Seindah Doa"

Bagi manusia yang beragama terutama agama Islam tentunya kita mengenal Sang Pencipta yaitu Allah SWT, karena semua yang ada di muka bumi ini adalah hasil ciptaan-Nya. Bahkan sesuai janji Allah, besok setelah kita mati akan dihadapkan dengan kehidupan yang abadi dimana kehidupan yang kita alami setelah mati sifatnya kekal dan sesuai dengan amal ibadah kita ketika di bumi.

Bagi yang melaksanakan perintah Allah SWT tentunya akan dihadapkan pada kehidupan yang menyenangkan dan indah yaitu surga. Dan bagi yang mengingkari perintahnya tentunya sudah dipersiapkan neraka yang menurut Al-Qur'an berisikan api yang membara.

Melihat janji Allah SWT tersebut tentunya kita ingin setelah mati dapat menikmati surganya Allah SWT. Namun untuk mendapatkan surganya Allah SWT perlu perjuangan agar kita dicintai oleh Allah SWT, karena dengan kita dicintai oleh Allah SWT pastinya Allah SWT akan menempatkan kita pada tempat yang indah.

Berikut 4 amalan yang dapat digunakan untuk menggapai cinta Allah SWT yang kami kutip dari artikel di http://muslim.or.id:

Hadits Rosulullah SAW :


عَنْ مُعَاذ بْنِ جَبَلٍ رَِضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْ لُ الله صلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : قَالَ اللهُ تَعَالَى : حَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلْمُتَحَابِّينَ فِيَّ  وَ حَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلْْمُتَوَاصِلِين فِيَّ وَ حَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلْمُتَنَاصِحِيْنَ فِيَّ وَ حَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلْمُتَبَاذِلِينَ فِيَّ  ;الْمُتَحَابُّوْنَ فِيَّ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُوْرٍ يَغْبِطُهُمْ بِمَكَانِهِمُ النَّبِيُّوْنَ وَ الصِّدِّيْقُوْنَ وَ الشُّهَدَاءُ .


Dari Mu’adz bin Jabal –Radhiyallahu ‘anhu- beliau berkata: Telah bersabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam : “Allah Ta’ala berfirman : ‘Orang yang saling mencintai karena-Ku pasti diberikan cinta-Ku, orang yang saling menyambung kekerabatannya karena-Ku pasti diberikan cintaKu dan orang yang saling menasehati karena-Ku pasti diberikan cintaKu serta orang yang saling berkorban karena-Ku pasti diberikan cinta-Ku. Orang-orang yang saling mencintai karena-Ku (nanti di akhirat) berada di mimbar-mimbar dari cahaya. Para Nabi, shiddiqin dan orang-orang yang mati syahid merasa iri dengan kedudukan mereka ini’

(HR. Imam Ahmad dalam kitab Al-Musnad dan dishahihkan al-Albani dalam kitab Shahih Jami’ ash-Shaghir no. 4198).


Penjelasan Hadits :



Sebagian salaf menyatakan: “yang penting bukan mencintai namun yang sangat penting sekali adalah bagaimana dicintai“. Kalau demikian, seorang akan berusaha mencapai dan mendapat kecintaan Allah. Kecintaan Allah kepada manusia adalah sesuatu yang diinginkan oleh semua orang. Namun hal ini hanya dapat tercapai dengan semangat mencari ilmu dan mengenal amalan dan perkataan yang Allah cintai dan ridhai. Sebab bila kamu mengetahui bagaimana Allah mencintai hambanya atau mengetahui sebab-sebab Allah mencitai hambaNya maka akan muncul usaha untuk mendapatkan kecintaan Allah.

Dalam hadits yang mulia ini Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menjelaskan amalan yang dapat mendatangkan kecintaan dari Allah Ta’ala yang langsung dengan ungkapan firman Allah Ta’ala . Hadits demikian dinamakan para ulama dengan hadits qudsi.


Dalam hadits qudsi ini Allah l memerintahkan kita untuk mewujudkan empat hal yang menjadi sebab kita menjadi hamba-Nya yang dicintai :


  • Perintah saling mencintai karena Allah
  • Perintah saling menasehati karena Allah
  • Perintah saling menyambung persaudaraan karena Allah
  • Perintah saling berkorban karena Allah.

Demikianlah Allah tunjukkan kepada kita empat amalan menggapai kecintaan ilahi.

Diantara langkah-langkah mewujudkannya adalah:

  • Memperbaiki aqidah dan iman hingga menjadi sempurna
  • Mengingat keempat amalan ini dicintai dan diridhai Allah

  • Menelaah benar sirah (sejarah kehidupan) Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan para salaf ash-shalih dan mempraktekkannya. Caranya dengan mengetahui konsep dan tuntunan ajaran mereka sehingga akan muncul keinginan dan kecintaan untuk meniti dan mengikuti jejak langkah mereka.
  • Mengingat akibat baik dan pahala yang didapatkan dari empat amalan ini.
Semoga kita dapat mewujudkannya.

Beberapa Pelajaran dari Hadits ini

  1. Saling mencintai, menasehati, menyambung persaudaraan dab berkorban karena Allah adalah 4 amalan menggapai cinta ilahi

  2. Urgensi empat amalan ini yang akan memperkokoh barisan, menyatukan langkah dan mempertautkan hati.
Wallahu a’lam


Penulis: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.
Artikel Muslim.Or.Id


4 komentar:

Anonim mengatakan...

good motivation

Dariyanto (Totok) mengatakan...

thanks.....

bloglabnanik mengatakan...

semoga kita semua dapat menjalankannya,amin

bloglabnanik mengatakan...

semoga kita semua dapat menjalankannya,amin

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls