Menurut Informasi bahwa Kurikulum 2013 akan dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai Tahun Pelajaran 2014/2015. Bagi yang membutuhkan silabus dan buku kurikulum 2013 (Matematika SMP) silahkan dicari pada halaman ini.

Selasa, 28 Februari 2012

Denah Tempat Duduk dan Pembagian Paket Soal UN 2012

"Tiada Kata Seindah Doa"


Denah tempat duduk dan pembagian soal untuk Ujian Nasional SMP/MTs tahun 2012 sebetulnya hampir sama dengan tahun sebelumnya 2011. Hanya pada tahun 2012 agak sedikit berubah karena di tahun 2011 ada soal yang sama yang saling berdekatan (diagonal). Untuk itu tahun 2012 denah tempat duduk dan pembagian paket soal dibuat berbeda sehingga tidak ada soal yang sama yang saling berdekatan.


Merujuk pada Peraturan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta No.067 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Ujian Nasional SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB DAN SMK di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Pelajaran  2011/2012; maka denah tempat duduk dan pembagian paket soal adalah sebagai berikut :

Denah Tempat Duduk :

Pengawas

Pengawas







001

002

003

004







008

007

006

005







009

010

011

012







016

015

014

013







017

018

019

020


Pembagian Paket Soal :

Pengawas

Pengawas







Paket 1

Paket 3

Paket 1

Paket 3







Paket 2

Paket 4

Paket 2

Paket 4







Paket 3

Paket 5

Paket 3

Paket 5







Paket 4

Paket 2

Paket 4

Paket 2







Paket 5

Paket 1

Paket 5

Paket 1


Untuk daerah yang lain bisa mengikuti petunjuk teknis dinas pendidikan masing-masing provinsi. Akan tetapi secara umum denah tempat duduk dan pembagian paket soal untuk ujian nasional 2012 dari BSNP adalah sama, sesuai Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor : 0011/P/BSNP/XII/2011 tentang Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, dan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2011/2012.

Bagi yang belum yakin dengan panduan tersebut silahkan download POS UN 2012 yang dikeluarkan oleh BSNP pada halaman 21. Berikut link unduhannya:

POS UN 2012 oleh BSNP

Semoga bermanfaat

108 komentar:

Anonim mengatakan...

bro to denah tempat duduk secara nasional apa khusus DIY. klo aku mengerjakan kok gak seperti itu mohon info webnya..

Dariyanto (Totok) mengatakan...

untuk yogyakarta petunjuknya memang seperti itu. untuk daerah lain saya kurang begitu tahu, karena POS UN dari BSNP tidak disertakan denah tempat duduk dan pembagian paket soal. Intinya yang penting paket soal yang sama tidak saling berdampingan.
untuk info resmi yogyakarta bisa kunjungi:
http://www.pendidikan-diy.go.id

Dariyanto (Totok) mengatakan...

ternyata pos un yang dari BSNP memang sudah ada panduan tempat duduk dan pembagian paket soal seperti gambar diatas.

Anonim mengatakan...

SANGAT MEMBANTU SEKALI TERUTAMA PANDUAN TENTANG TEMPAT DUDUK PESERTA

Anonim mengatakan...

BAGAI MANA PEMBAGIAN PAKET SOALNYA, KALAU JUMLAH SISWA CUMA 11 ORANG

Anonim mengatakan...

BAGAI MANA PEMBAGIAN PAKET SOALNYA, KALAU JUMLAH SISWA CUMA 11 ORANG

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Jika 11 anak, bisa dibuat seperti ini:
1 5 1 4

2 4 2 3

3

Pada prinsipnya yang penting tidak ada paket yg berdekatan

SMANDA_BABAT TOMAN mengatakan...

Salut utk diknas Yogjakarta sudah memberikan pedoman yang satu padu untuk kesuksesan UN 2012. maju terus

putr4_boy mengatakan...

untuk DIY saja ato nasional ?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Ini untuk Nasional.
Lebih jelasnya silahkan baca POS UN dari BSNP halaman 21

Anonim mengatakan...

kalo 1 ruangan ada 8 orang, denahnya gimana?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

pada dasarnya dalam pembagian paket soal yang penting tidak ada soal yang sama saling berdekatan baik bersebelahan maupun diagonal (seperti tahun lalu).
jika 8 anak mungkin seperti ini:
1 3 5 2
2 4 1 3
Atau mungkin bisa:
1 3 1 3
2 4 2 4

Aries Triwibowo mengatakan...

mau tanya, kalo daerah Semarang untuk SMK sama kyk yang diatas gak ya mas..?
mkasih sblum.e...

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Di dalam POS UN SMP/Mts dan SMA/SMK yang dikeluarkan oleh BSNP, panduannya tidak menyebutkan SMP atau SMA. Berarti itu berlaku untuk jenjang SMP dan SMA termasuk SMK.
Untuk lebih jelasnya silahkan unduh POS UN dari BSNP, buka pada halaman 21.
Terima kasih

Anonim mengatakan...

bagaimana jika paket soal dalam satu ruang tidak sesuai dengan ketentuan bsnp??? contoh jika dalam ruang satu paket soal 5 hanya terdiri dari 3 naskah soal. Bagaimana pengaturan paket soal tsb dalam ruangan tersebut ?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Menurut penjelasan dari Dinas Pendidikan melalui Kepala Sekolah, Amplop soal (UN bukan Ujicoba) hanya terdiri dari 2 jenis, yaitu amplop besar yang berisi 20 soal (masing-masing paket 4 soal) dan amplop kecil yang berisi 10 soal (masing-masing paket 2 soal). Sehingga jumlah paket dalam 1 amplop selalu sama.

MTs. IM Cibinong mengatakan...

mas gimana susunad denah tempat duduk dan pembagian paket soal jika dalam satu ruangan 13 orang. makasih

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Pada dasarnya pembagian paket soal bebas, yang penting tidak ada paket yang sama yang saling berdekatan.
Jika 13 mungkin seperti ini:
1 3 1 3
2 4 2 4
3 5 1 5
4
atau
1 4 2 5
2 5 3 1
3 1 4 2
4/5
atau yang lain yang penting mudah dalam pembagiannya, tetapi tidak ada yang saling berdekatan (tidak boleh membentuk diagonal).
Sebagai tambahan, katanya di tempat kami denah pembagian paket soal setiap hari berubah, sesuai dengan denah pembagian paket soal yang ada di dalam amplop soal UN

Anonim mengatakan...

Bro, Jika Hari pertama saya UN, Paket 3, mungkin ga jika Paket tersebut di Acak lagi ..?

trims ..

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Pemberitahuan dari dinas pendidikan, ada kemungkinan setiap siswa bisa saja beda hari beda paket soal. Tergantung denah yang ada dalam amplop soal.
Sayangnya pemberitahuan tersebut hanya secara lisan tidak tertulis sehingga kepastiaannya masih diragukan. Jika pemberitahuan tersebut benar, berarti bisa saja saat bahasa Indonesia dapat paket 1, saat Bahasa Inggris dapat paket 2, bahkan saat matematika bisa saja dapat paket 5.
Untuk lebih jelasnya hubungi dinas pendidikan setempat.

Anonim mengatakan...

o0 ..
makasih yah atas Informasi dan pemberitahuannya ..

Anonim mengatakan...

Bro, aku pngn nanya nih, Misalkan sya hari Perama UN mendapat Paket 3 bersama tmn sya , apakah nati hari Kedua kami ttp satu Paket atau Beda Paket ..?

trima kasih .

Anonim mengatakan...

Bang, mau tanya. Apa pembagian tempat duduk dan paket tersebut sudah resmi? Kalo iya tolong tunjukin buktinya yang resmi di BNSP / web pemerintah yang resmi. Terima Kasih

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Jika informasi kemarin dari Dinas Pendidikan tidak berubah, bisa saja hari pertama paket sama, di hari berikutnya berbeda.

Untuk model pembagian paket seperti gambar diatas itu adalah resmi dari BSNP, silahkan kunjungi http://bsnp-indonesia.org silahkan cari bagian POS UN Tahun Pelajaran 2011/2012.
Tetapi untuk yang tiap hari berubah sesuai gambar denah di dalam soal, ini kemarin didapatkan dari penjelasan dinas pendidikan, tetapi sudah saya tuliskan di atas bahwa tidak ada bukti tertulisnya shingga saya sarankan silahkan menghubungi Dinas Pendidikan setempat

Anonim mengatakan...

Apakah beda pket bda soalnya?
Trus apakah yg pketnya sma soalnya sama juga?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

beda paket soal, jelas beda soalnya. tetapi tingkat kesulitan soal tetap sama.
kalau paketnya sama pasti soalnya juga sama

Deti17 mengatakan...

Naskah soal un diabuatnya kapan ya?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Itu wewenang BSNP

Anonim mengatakan...

maz saya mw tanya jika hari pertma sya dpt pkt 1 dan tmen sya yg beda ruangan jg pktny 1..truz ktny kn stiap hri pketny brubh2 apakah saya kalau saya diubh pketny msh sm mbek tmen saya g maz?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Jika penjelasan dari dinas pendidikan benar, bisa saja sama, tetapi bisa saja berbeda. Karena setiap amplop soal denah pembagian paket soal berbeda-beda.

Anonim mengatakan...

paketnya tuh bukan 1,2,3,4,5 tpi 12,25,54 dan semacamnya

Dariyanto (Totok) mengatakan...

12, 25, 54 dll itu adalah kode soal, ini tergantung daerah masing-masing. Untuk Kab.Semarang mungkin kode soalnya itu, tetapi untuk daerah lain akan berbeda kode soalnya. Makanya untuk memudahkan penjelasan, BSNP ambil contoh saja menggunakan paket 1, paket 2, paket 3, paket 4 dan paket 5.

Anonim mengatakan...

mas mau nanya,keputusan final dari BNSP kapan ya tentang denah Ujian Nasional?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

sampai saat ini belum ada pemberitahuan. Kepala Sekolah baru akan mendapatkan penjelasan besok senin 9 April 2012. Tunggu saja hasil rapat kepsek.
terima kasih

Anonim mengatakan...

wah mantap mas jadi tau tata aturan uan, kalo ada info2 terbaru lagi tolong diberitahu mas, . terimakasih

Dariyanto (Totok) mengatakan...

silahkan ikuti terus halaman ini. Jika ada info terbaru akan secepatnya dipublikasikan.

Anonim mengatakan...

info trbaru sekarang apa maz?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Hasil rapat kepala sekolah dengan dinas pendidikan kab.Semarang senin 9 April 2012, untuk propinsi jawa tengah denah pembagian paket soal tiap hari berubah sesuai dengan denah yang ada di dalam amplop soal. dengan amplop terdiri dari 2 jenis yaitu amplop besar berisi 20 soal (tiap paket 4soal) dan amplop kecil 10 soal (tiap paket 2soal). Untuk Propinsi yang lain mungkin berbeda.
Ini dimaksudkan untuk menghindari kecurangan. dengan paket soal yang tidak pasti untuk setiap anak, dimungkinkan sulit sekali untuk kerjasama maupun kecurangan bocoran kunci jawaban.

Anonim mengatakan...

Maz mau nanya,La kabarnya hanya pembagian paket soal saja ya yg di atur oleh BSNP, sedangkan pembagian denah tempat duduk menjadi wewenang tiap sekolah? Bener ga maz?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

untuk denah tempat duduk, menurut penjelasan secara lisan yang penting urut (tergantung kesepakatan masing-masing daerah) baik ke belakang maupun ke samping. tetapi jika mengacu pada BSNP tempat duduk sudah ditentukan. karena untuk paket soal ke siswa tidak ada masalah selama siswa benar dalam menuliskan kode soal yang dia terima, dan yang penting antara pelaksanaan dengan penulisan paket soal pada daftar hadir sama.

Anonim mengatakan...

berarti sekarng sudah falid nie maz tiap hari paketny ganti2maz..truz urutan paketny seperti apa?apa seperti yg diatas urutanya?tetapi tdk tw pkt 1234 atau 5..?truz kalau tiap hri beda2 smua sk0lah di indo denah pketny sma gak?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Untuk Jateng, itu sudah valid.
Untuk urutan paketnya, gambar diatas tidak bisa dijadikan patokan, tetapi denah tempat duduknya seperti gambar diatas.
Karena distribusi ada di propinsi, maka beda propinsi kemungkinan denahnya juga berbeda.

Anonim mengatakan...

soalny sm gak nex jateng sm jatim.maz?

Anonim mengatakan...

mas untuk jakarta apakah sudah valid mengikuti bsnp untuk denah paket soal yg di atas ? trims

somse mengatakan...

mas soal paket 1 sama 2 beda soalnya atau hanya urutan soalnya yg berbeda???

Fatur Thok mengatakan...

Kabar terakhir denah pembagian paket sdh ada di amplop dan setiap hari berbeda. Misal si A hari pertama dapat paket 1, hari kedua belum tentu dapat paket 1
http://fatkoer.wordpress.com

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@anonim: Jika mengacu tahun lalu, beda propinsi beda paket soal berarti beda pula soalnya.
@anonim: Untuk Jakarta silahkan hubungi Dinas Pendidikan setempat, karena beda propinsi beda kebijakan.
@somse: Jika mengacu tahun lalu, beda paket beda soal (bukan hanya diacak). Tetapi tingkat kesulitannya sama.
@Fatur: Terima kasih. Ini sudah saya jelaskan pada halaman Ralat Denah Pembagian Paket Soal pada blog ini.

Yayan Bingslem49 mengatakan...

gini bang , ane kan nih peserta UN 2012 SMA bang sekarang ...
ane denger ada 5 paket soal bang , trus katanya perhari kita dpt paketnya lain lain bang , bner nggk tuh
kalo bisa ane minta bocoran langsung gan , heheheh

Anonim mengatakan...

ka saay peserta UN
kalau kata guru saya pembagian soal itu terserah pengawas bener ga ka?

Anonim mengatakan...

Pnempatan paket soal sdh dtentukan olh pmerintah utk stiap provinsi. Jd denah paket soal sdh berada d dlm amplop soal. Jd pengawas hnya membagi soal sesuai denah yg ad. Ktentuan pmbagian ny sama , tidak diagonal dan tidak saling brdekatan . Cth deretan prtma dan ketiga kebelakang abcde , deratan kdua dan keempat cdeab . Bsa sperti itu . Kbsokan ny bisa saja deret 1&3 kebelkng mngunakan Cdeab dan deret 2&4 kebelakang mnggunakan abcde . jd bukan pengawas yg mnentukan denah , pngawas hnya membagikan sesuai denah . Sehingga hnya pengawas yg tentang denah . Tp pengawas pun tdk tahu denah utk keesokan hariny .. Pngawas hnya membagi paket mnurut denah yg ad di dlm amplop soal . so. makin taun makin susa mnentukan paket yg kita dpt . Thx (jakarta)

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@Yayan: pertanyatan sudah terjawab oleh komentar berikutnya. sebetulnya soal UN bocor, itu kemungkinannya kecil sekali karena pengamanan yang super ketat. Namun jika kita dalami tentang kisi-kisi, soal yang akan muncul sudah jelas modelnya seperti apa.
@anonim jakarta: terima kasih atas penjelasannya

Anonim mengatakan...

mas, apakah setiap paket soal itu soalnnya beda tetapi tingkat kesulitan sama atau soalnya hanya di acak seperti yahun lau ?

Anonim mengatakan...

kalau 6 orang peserta UNnya, susunan paket soalnya gimana mas??

hexam mengatakan...

Pak, apakah pembagian paket denahny seperti ini??
Mhon d jelaskan !!
hari 1
12 54 46 54
25 12 54 46
39 25 12 54
46 39 25 12
54 46 39 25

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@Anonim: Untuk tahun ini ternyata denah pembagian paket soal berada di dalam amplop soal, sehingga menyesuaikan dengan denah yang ada ketika paket soal dibuka di ruang ujian (lihat: Ralat Denah Pembagian Paket Soal di halaman ini)
@hexam: itu kode soal kemarin, untuk tahun ini belum ada pemberitahuan resmi. Dan tiap hari denah pembagian paket soal berubah.

Anonim mengatakan...

kita berdoa semoga terlewati apapun bentuk pembagian paket soal, kita sebagai siswa harius siap

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Bagi siswa sikapi saja dengan santai. toh disini siswa tinggal terima dan tulis kode soal sesuai dengan paket yang diterima. Beres .....! Nanti yang repot itu pengawasnya.
Walaupun pengawas salah membagikan, tetapi jika siswa menulis kode soal sesuai dengan paket soal yang diterima maka siswa tidak dirugikan karena kunci jawaban yang dipakai sesuai paket soal yang ditulis di LJK.

Anonim mengatakan...

saya mau tanya , memang setiap hari waktu UN soal yg di bagikan ke kita setiap hari berbeda-beda? atau memang sudah fix hanya 1 paket

Dariyanto (Totok) mengatakan...

paket soal ada 5 paket.
Pembagian paket soal tergantung denah yang ada dalam amplop soal, sehingga kemungkinan tiap hari paketnya berbeda-beda sangat besar. Sebagai contoh, senin dapat paket 1, selasa bisa saja dapat paket 2 atau lainnya, tetapi juga bisa dapat paket 1 lagi.
Bagi siswa terima saja paket yang diberikan, tidak usah diambil pusing. yang penting tulis kode paket pada LJK sesuai dengan paket yang diterima.

Wawan Siswanto mengatakan...

wah pemerintah aneh aneh saja y gan

Anonim mengatakan...

apa bener paket soal jd beranak gt jd 20 paket??

Anonim mengatakan...

tiap hari kan beda paket
g itu terus???

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@wawan: bukan aneh-aneh. Tapi untuk mengurangi kecurangan, terutama kebocoran soal.
@Anonim: Beda propinsi beda kode soal, jadi kodenya bisa banyak. Tapi setiap propinsi hanya punya 5 paket soal.
@Anonim: Bisa saja berbeda. Tapi juga bisa sama, tergantung denah yang terdapat dalam amplop soal.
Bagi siswa tidak usah bingung mikirin berapa paket soal, itu pekerjaan pengawas. yang penting tulis kode soal di LJK sesuai dengan soal yang diterima. Walaupun pengawas salah membagikan, tetapi jika siswa menuliskan kodenya sesuai dengan soal yang diterima, maka siswa tidak dirugikan. karena nanti yang digunakan sebagai kunci jawaban sesuai dengan penulisan kode di LJK bukan tergantung denahnya. Belajar, Berdo'a dan berusaha adalah kunci suksesnya

Anonim mengatakan...

maz s0alny 5 paket i2 soalny di acak ataukah beda?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Soal adalah wewenang BSNP. jika mengacu tahun lalu, paket A dan Paket D hanya diacak tetapi berbeda dengan paket B dan C. Sedangkan paket B dan paket E juga hanya diacak tetapi berbeda dengan paket A dan Paket C.

Anonim mengatakan...

kak, kn saya denger2 ada kunci jawaban UN 2011/2012 bocor.
itu ada kemungkinan gk c kak?

Anonim mengatakan...

salah maz kalou tahun kmrn i2 pkt abc soalny sm cm diacak,truz d dan e jg sma cm diacak..bukan kyk gmn c anda!

irsyad mengatakan...

pket 4 itu P berapa?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@Anonim: kunci jawaban bocor..? jangan percaya, orang bisa saja buat kunci bebas tanpa melihat soal. Dan jika bocor, itu untuk paket berapa; tidak jelas. Jika ada orang yang mengatakan soal UN bocor, mungkin masuk akal; namun kemungkinannya kecil. Jika belum yakin silahkan baca http://www.duniabelajar.web.id/2011/04/bocoran-soal-ujian-nasional-2011.html
@Anonim: setahu saya yang sama A dan D, ini saya masih bawa soalnya. Kebetulan soal ini kemarin saya pakai untuk tryout ke 1.
@irsyad: Pada soal bukan tertulis paket 4, atau paket 5, dst; tapi hanya tulisan P.4 (ini hanya contoh) berarti paket soal 04

Anonim mengatakan...

Utk jakarta p12,p25,p39,p46,p54 jd tinggal cocokan saja . (jakarta)

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Terima kasih informasinya

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Terima kasih informasinya

Anonim mengatakan...

gimana mas kalo misalnya pengawas un bagikan saolnya tak sesuai teknis...alias yang penting anak dapat soal.

Dariyanto (Totok) mengatakan...

selama siswa menuliskan kode soal di LJK sesuai dengan kode paket soal yang dia terima, itu tidak masalah. karena kunci jawaban yang dipakai sesuai dengan yang dituliskan dalam LJK

Anonim mengatakan...

apakah benaR ? saya kuatir soalnya tadi pengawas salah memberikan paket soal kpd saya.

Anonim mengatakan...

cp pya jwbn indo pkt b25 ayo dic0c0kin?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Menurut penjelasan yang saya terima, seperti itu. Kalau koreksi komputer, kunci di komputer otomatis menyesuaikan dengan kode yg ditulis di LJK.

Anonim mengatakan...

yang penting kan siswa dapat soal dan menuliskan kode paket soal di ljk sesuai dengan kode paket soal kan mas ? jadi kalo misalnya meja 1 dan 2 paketnya sama ga masalah ya mas ?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Betul. Yang penting kode di LJK sama dengan kode soal yang dikerjakan.

Anonim mengatakan...

mas mau tanya,, pembagian soal UN kira" kearah samping, depan-belakang, apa gimana ya??

Dariyanto (Totok) mengatakan...

pembagian ke arah samping atau ke belakang, ini tidak pasti. Tergantung denah yang terdapat dalam amplop soal

Anonim mengatakan...

trimakasih infonya semoga membantu ;)

Muhammad Luthfi (Fie) mengatakan...

kak,, bagaimana kalau paket kita tertukar. maksudnya gini,, saya dpet E-57 padahal di denah saya harusnya C-32.. tapi saya isi LJK sama dengan naskah soal yg saya dpet,, yaitu E-57. pengaruh gak sih kak denah itu? kalau kita tertukar gitu apa bakal error di komputer?

Anonim mengatakan...

ya allah slit2 ujianya

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@M Lutfi: Menurut penjelasan yang saya terima saat rapat bersama kepsek, selama menuiskan kode soal sesuai kode soal yang diterima itu tidak masalah. Karena komputer tidak membaca denah, tetapi membaca kode yang dituliskan di LJK.
@Anonim: asal belajar pastinya tidak sulit. Berdo'a saja, walaupun dirasa sulit tapi nilainya bagus

Vierno mengatakan...

sedih sekali rasanya dan kasihan anak-anak kita ! tidak orang tua, ya siswa-siswi didik pun khawatir, galau dan tidak merasa percaya diri terhadap kemampuannya. bertanya-tanya dan mencari-cari yang sebenarnya tidak perlu dan menghabiskan energi, yang sebaiknya dipergunakan untuk fokus & konsentrasi pada persiapan mengikuti UN. Fenomena ini selalu erjadi setiap tahunnya, kenapa ? sepertinya apa yang didapat disekolah maupun dirumah oleh orang tua, tidak bisa membuat si anak percaya diri. Ini harus menjadi tanggung jawab sekolah untuk mendidik mental & emosional siswa, tidak melulu menjejali dengan teori-teori yang terkadang sungguh paradoks dengan dunia praktis...!!!

mojho mengatakan...

gan,
tiap hari ganti kan paketnya..?
gmn itu...?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@vierno: Sebetulnya untuk mendidik mental dan emosional siswa bukan sepenuhnya tanggung jawab sekolah. Jika kita mau mengakui (sebagai orang tua yang peduli dengan anak), berapa jam anak di sekolah, bandingkan dengan saat di rumah. dengan jam efektif hanya 6 jam per hari, perbandingan guru dengan siswa rata-rata tiap sekolah 1:20. apakah orang tua sudah benar-benar mengawasi anaknya, 1 orang mengawasi 1 orang, dengan waktu yang lebih lama?. Mohon untuk direnungkan.
Terima kasih

@mojho: jika paket dalam satu sekolah tidak ganti, tetapi mungkin setiap anak bisa saja ganti hari ganti kode paket soal.

Anonim mengatakan...

wah....salah tooo...

firdaus hadyan fadhil mengatakan...

ini tuh UN smp kan ?

Anonim mengatakan...

gan kalo lain paket soal nya di acak apa soal nya berbeda tapi makna nya sama ?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@firdaus: Dalam POS UN antara SMP/Mts dan SMA/SMK/MA adalah sama, jadi berlaku untuk semua

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@Anonim: Saya tidak tahu persis. Tapi pengalaman tahun lalu, sebagian besar hanya diacak nomernya, tapi juga ada yang beda (dg tingkat kesulitan sama)

firdaus hadyan fadhil mengatakan...

setiap hari ganti2 paket atau engga ?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Untuk keseluruhan paketnya sama. Hanya saja setiap siswa dalam mata ujian berbeda ada kemungkinan berbeda. Misalnya hari pertama dapat A13, bisa saja hari kedua dapat A13 lagi, tetapi juga bisa dapat paket yang lain C37 atau yangg lainnya. Ini tergantung denah pembagian paket yang ada dalam amplop soal

Anonim mengatakan...

Doakan saya pak, senin saya sudah UN, smga dapet paket yang mudah, agar bsa mengerjakan.nya, doakan masuk SMA NEGERI, .

firdaus hadyan fadhil mengatakan...

UN sekarang lebih berat ya dari pada tahun lalu,kalo sekarang ujian kejujuran nasional

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@Anonim: Semua paket sebetulnya mudah jika mau belajar, berusaha dan berdo'a. Sekolah Negeri dan Swasta sebetulnya sama saja, yang membedakan hanya kemauan kita.
@Firdaus: Untuk apa nilai tinggi tetapi tidak jujur...? Sama saja membohongi diri sendiri

Yofi Aprilla mengatakan...

saya mau tanya pak,jika saya mendapatkan paket 3,paket apa yang akan saya terima pada hari pertama?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Belum tentu. Denah pembagian paket ada di dalam amplop soal, jadi gambar pembagian paket soal diatas tidak berlaku dengan adanya ralat tentang pembagian paket soal

Yofi Aprilla mengatakan...

jadi gambar tersebut sudah tidak berlaku pak?

Anonim mengatakan...

paketnya 1 2 3 4 5 aph 12 25 39 46 54???????

Anonim mengatakan...

paketnya A, B, C, D, E, kemudian di ikuti 2 angka...
ex : E.45

Duu Te Dark mengatakan...

itu denah untuk setiap mata pelajaran?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Paketnya A13, B25, dst.
@Duu: denah tempat duduk tetap seperti itu dari awal sampai akhir. Tetapi untuk pembagian paket soal, denah diatas tidak berlaku karena di dalam amplop soal sudah diberikan denah pembagian paket soal

Anonim mengatakan...

Beda. Saya peserta Ujian Nasional 2012. denah nya ga kayak begitu. tiap hari berubah, ga nentu paket soalnya.

Anonim mengatakan...

Bukannya tiap orang bda pkt soal ?

Dariyanto (Totok) mengatakan...

ini denah untuk 2011/2012.
untuk tahun pelajaran 2012/2013 belum ada kejelasan. memang menurut isu yang beredar 1 ruang ada 20 paket, sehingga semua siswa beda paket.

Poskan Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls