Selamat datang dihalaman duniabelajar.web.id. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini. Bagi yang membutuhkan bantuan silahkan hubungi kami di WA dengan klik logo WA dihalaman ini dan bagi yang akan melihat koleksi video tugas pendidikan calon guru penggerak silahkan kunjungi channel https://www.youtube.com/user/totokdariyanto

Senin, 23 Maret 2020

Zoom Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi

"Tiada Kata Seindah Doa"

Tanggal 14 Maret 2020 pada sore hari di Kabupaten Semarang diumumkan oleh Bupari Semarang bahwa anak-anak sekolah belajar di rumah mulai Senin 16 Maret 2020 sampai Sabtu 28 Maret 2020 sebagai antisipasi penyebaran virus corona. Dan jika melihat kondisi saat ini bahwa Jawa timur sudah diumumkan bahwa belajar di rumah diperpanjang sampai 6 April 2020 (melihat dari text berjalan salah satu TV swasta Nasional).

Karena hal tersebut, sebagai seorang guru harus benar-benar membuat anak belajar di rumah. Terkadang ketika diberikan tugas secara tertulis anak-anak bisa saja mengerjakan dilain hari, atau hanya sekedar menyalin punya teman. Ada cara lain untuk memberikan tugas ke anak yaitu mengerjakan tugas dengan google form. Namun tidak menutup kemungkinan yang mengerjakan adalah temannya, karena kita tidak tahu siapa yang mengerjakan.

Untuk antisipasi hal tersebut maka kita bisa menggunakan aplikasi teleconference atau pembelajaran dengan menggunakan sambungan internet dan saling melihat aktivitas antara satu dengan yang lainnya. Banyak aplikasi-aplikasi gratis yang bisa dimanfaatka. Namun disini akan kami ulas salah satu aplikasi yang menurut kami banyak kelebihannya yaitu aplikasi zoom (http://zoom.us).
Kelebihan-kelebihan aplikasi zoom:
1.        aplikasi Zoom telah disokong dengan kualitas high definition atau sering disebut HD. dan dapat mendukung hingga 100 peserta dengan 49 video di layar.
2.        pengguna dapat berbagi layar secara bersamaan.
3.        para pengguna dapat merekam rapat yang dilakukan dan menyimpanya di perangkat masing-masing yang digunakan atau pada akun cloud.
4.        Obrolan tim di grup dapat dilakukan dengan mudah. riwayat percakapan juga dapat dengan mudah dicari, berbagi file terintegrasi, dan arsip dapat disimpan selama sepuluh tahun. Hal ini memudahkan para pengguna untuk melakukan panggilan dari satu pengguna ke yang lain atau panggilan grup.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menggunakan perangkat komputer maupun seluler.
Berikut langkahnya:
1.        Aplikasi zoom pada PC atau Laptop
a.    Masuk ke situs https://zoom.us/. Buat akun terlebih dahulu menggunakan akun email atau Facebook.
b.   Setelah registrasi kemudian masuk ke halaman utama dan klik My Profile. Akan terlihat data Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan.
c.    Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan diundang.
d.   Partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom tidak perlu memiliki akun. Mereka cukup memasukkan Meeting ID untuk bergabung.
e.    Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung.
f.     Klik Join a Meeting
2.        Aplikasi zoom pada HP
a.       Download aplikasi zoom di google play store
b.      Sign Up akun menggunakan email atau profil Facebook
c.       Masuk ke Setting atau Pengaturan, kemudian temukan Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan
d.      Langkah berikutnya sama dengan menggunakan PC atau Laptop

Adapun fitur-fitur untuk melakukan virtual conference bisa kalian lihat di bawah ini:
1.        Schedule a Meeting
Fitur ini mengizinkan Host untuk menjadwalkan tatap muka yang akan berlangsung.
2.        Join a Meeting
Dengan menekan fitur ini, kamu dapat bergabung bersama rekan lain yang sudah diundang lewat Meeting ID.
3.        Host a Meeting
Zoom mengizinkan salah satu orang menjadi Host atau pimpinan. Jika kamu menjadi Host, kamu bisa menyetel dengan tiga model, yaitu with video off (tanpa video), with video on (menggunakan video) dan Screen Share only atau menampilkan tampilan layar pada laptop atau smartphone untuk presentasi.

Demikian salah satu alternatif pembelajaran disaat kondisi darurat peserta didik belajar di rumah dalam jangka waktu tertentu.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls