Alhamdulillah... setelah sekian lama (hampir 1 tahun) tidak bisa dibuka karena laptop admin bermasalah, tepat pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H bisa dikelola kembali. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini

Jumat, 21 Desember 2012

Tanda-tanda Datangnya Hari Kiamat 21 Desember 2012

"Tiada Kata Seindah Doa"

Hari ini Jum'at 21 Desember 2012 banyak orang mempercayai akan datangnya hari kiamat, ini berdasar pada kalender suku maya berakhir 21 Desember 2012. Selain itu dikuatkan dengan pendapat para orang tua (sumber tidak jelas) katanya kiamat akan datang pada hari jum'at (kadang beberapa penceramah mengatakan ini). Banyak media yang mengupas tentang hari kiamat baik dari media cetak maupun elektronik (termasuk berita online dan tv). Dan bahkan ada yang mengatakan "jum'at 21 Des 2012 akan ditandai dengan kegelapan selama 4 jam (12.00 - 16.00)". Benarkah kiamat akan datang hari ini...? berikut penjelasan tanda-tanda akan datangnya kiamat.

Mereka yang meyakini akan terjadinya kiamat pada tanggal 21 Desember 2012 berdasarkan kepercayaan dengan kalender suku maya yang ditemukan di reruntuhan di Meksiko. Masyarakat suku maya kuno yang dikenal ahli dalam ilmu astronomi dan matematika mengikuti perhitungan panjang kalender yang mencapai 5126 tahun. Ketika peta astronom  dipindahkan ke kalender Gregorian yang digunakan secara standar sekarang, waktu perhitungan bangsa maya terhenti pada tanggal 21 Desember 2012.. Mereka yang percaya juga mengatakan adanya hubungan lain selain antara kalender maya dan kehancuran yang akan datang. Matahari akan terhubung lurus dengan pusat Tata Surya pertama kalinya semenjak 26000 tahun yang lalu, yang menandai puncak musim dingin. Beberapa orang mengatakan hal ini akan mempengaruhi aliran energi ke bumi, atau karena adanya sunspot dan sunflare yang jumlahnya membengkak, menyebabkan adanya efek terhadap medan magnet bumi. (sumber:rumaysho.com)

Kiamat menurut ajaran agama Islam terdiri dari 2 macam yaitu kiamat shughra dan kiamat kubra. Adapun kiamat shughra adalah kiamat kecil yang dialami oleh segelintir orang atau dengan kata lain pemahaman yang paling mudah adalah matinya seseorang (yang saya dapat saat SD). Sedangkan kiamat kubra adalah kiamat secara besar-besaran, hancurnya alam semesta secara keseluruhan.

Untuk saat ini yang banyak diyakini adalah kiamat kubra yang akan diawali dengan datangnya bencana di muka bumi seperti gempa dan tsunami yang sangat besar, meletusnya gunung-gunung, ataupun akan datangnya angin yang akan memporakporandakan isi bumi.

Menurut agama Islam tentang kiamat kubra Rosullulah telah menjelaskan :
“Tidak akan terjadi hari kiamat hingga kalian melihat sepuluh tanda.” Lalu beliau menyebutkan: Dukhan (kabut), Dajjal, Daabbah (binatang yang bisa berbicara), terbitnya matahari dari tempat terbenamnya, turunnya Isa bin maryamalaihis salam, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, terjadinya tiga penenggelaman ke dalam bumi yang terjadi di timur, di barat, dan di jazirah Arab, dan yang terakhir adalah keluarnya api dari Yaman yang menggiring manusia ke tempat berkumpulnya mereka.” (HR Muslim)

Dajjal yang disebutkan dalam riwayat Muslim akan keluar setelah terjadinya peperangan besar yang berakhir dengan dikuasainya konstantinopel. Dajjal akan dibunuh Nabi Isa dan selanjutnya Nabi Isa akan tinggal selama 40 tahun. (sumber: republika.co.id)

Dan yang kami rangkum dari berbagai sumber ciri-ciri kiamat besar adalah sebagai berikut:
  • Kemunculan Imam Mahdi
  • Kemunculan Dajjal
  • Turunnya Nabi Isa (AS)
  • Kemunculan Yajooj dan Majooj
  • Terbitnya matahari dari Barat ke Timur
  • Pintu pengampunan akan ditutup
  • Dab'bat al-Ard akan keluar dari tanah dan akan menandai muslim yang sebenar2nya
  • Kabut selama 40 Hari akan mematikan semua orang beriman sejati shg mereka tidak perlu mengalami tanda2 kiamat lainnya
  • Sebuah kebakaran besar akan menyebabkan kerusakan
  • Pemusnahan/runtuhnya Kabah
  • Tulisan dalam Al-Quran akan lenyap
  • Sangkakala akan ditiup pertama kalinya membuat semua makhluk hidup merasa kaget dan ketakutan
  • Tiupan sangkakala yang kedua kalinya akan membuat semua makhluk hidup mati dan yg ketiga yang membuat setiap makhluk hidup bangkit kembali

Sedangkan menurut agama Kristiani (sumber: merdeka.com):
Beberapa tanda akan datangnya kiamat diantaranya akan datang Kristus-Kristus palsu, yang akan menyesatkan banyak orang. Akan datang godaan yang besar, yang akan menjadikan banyak orang murtad; ada penganiayaan, saling membenci, sehingga keluarga pecah-belah, saling bunuh. Akan ada perang, dan kabar perang, kelaparan, dan gempa bumi. Akan ada bencana alam yang besar sekali. Di langit akan ada tanda kedatangan Anak Manusia. Akan ada banyak orang berpaling dari iman, murtad. Datanglah "manusia durhaka" yaitu anti Kristus. Kabar Kerajaan Allah akan diberitakan ke seluruh dunia dan bangsa Yahudi akan bertobat. Tanda-tanda tersebut selama berabad-abad telah diterima oleh gereja sebagai tanda-tanda akhir zaman, sebelum kedatangan Kristus. Artinya, Tuhan Yesus Kristus tidak akan datang kembali sebelum tanda-tanda tersebut semuanya terjadi.

Sementara dalam agama Yahudi (sumber: merdeka.com) akhir zaman ditandai dengan adanya beberapa peristiwa yang saling berkaitan. Di antaranya, adanya pengumpulan kembali orang-orang yang hidup di pembuangan, pembangunan kembali Bait Suci, adanya kurban binatang atau Kobra. Menurut tradisi Yahudi, orang-orang yang hidup pada akhir zaman akan menyaksikan: berkumpulnya kembali orang-orang Yahudi dari pembuangan ke Israel, kalahnya semua musuh Israel, pembangunan (atau penempatan oleh Allah) Kenisah di Yerusalem dan dipulihkannya kembali persembahan kurban dan ibadah di Kenisah. Serta kebangkitan orang mati (techiat hameitim), atau kebangkitan.

Dari beberapa uraian diatas jelaslah bahwa kiamat memang akan datang tetapi kapan datangnya kita semua belum tahu. Memang jika melihat selama ini yang terjadi, kemungkinan besar tanda-tanda itu sudah mulai bisa kita rasakan. Menurut Badan Antariksa Amerika (NASA), saat ini sudah ada beberapa benda langit yang berbalik arah putarnya sehingga dimungkinkan bumi juga akan mengalami hal serupa. Dan jika bumi sudah mulai berbalik arah putarnya berarti matahari akan terbit dari barat (salah satu tanda) dan akan tenggelam di arah timur.

Memang manusia diberi ilmu pengetahuan, tetapi masalah kiamat tidak ada yang tahu kapan akan datang dan jika benar-benar datang maka akan datang dengan tiba-tiba sesuai dengan Ayat Al-Qur'an Surat Al-A'raf (surat ke 7) ayat 187 yang artinya:
Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. (Surah Al A’raf , Q.S 7, ayat 187)

Sebagai tambahan (sumber tidak jelas, hanya kata orang tua dulu) pernah dijelaskan oleh beberapa orang tua terdahulu bahwa kiamat akan datang dengan tanda-tanda:
  • sudah tidak ada lagi yang mengumandangkan adzan
  • Masjid banyak yang tidak terawat
  • tidak ada lagi orang hamil
  • orang yang benar akan dimusuhi, orang salah banyak temannya dan orang yang melakukan kesalahan akan membanggakan dirinya.
  • Yng benar dikatakan salah dan yang salah dianggap benar dan hebat
  • laki-laki menyerupai perempuan sedangkan perempuan menyerupai laki-laki
  • anak tidak lagi hormat dengan orang tuanya (berani melawan orang tua)
  • sifat manusia seperti binatang (orang tua menyetubuhi anak dan sebaliknya)
  • bencana yang tidak dapat ditanggulangi
  • kejadian alam sudah tidak dapat diprediksi lagi (seperti cuaca)
  • Pemerintahan dipimpin oleh orang yang dholim
  • Gunung-gunung akan meletus saling bergantian
  • Laut akan meluap ke daratan (mungkin yang dinamakan tsunami)
Jika memang akan terjadi kiamat kubra, hendaklah kita mempersiapkan diri untuk menghadapinya bukan untuk menghindar karena kiamat pasti datang (tapi entah kapan). Menghadapi dalam hal ini dengan meningkatkan iman dan ketaqwaan terhadap Allah SWT, bukan dengan mempersiapkan hal-hal yang bersifat duniawi untuk menghindari datangnya kiamat.

Hanya Allah SWT yang tahu kapan kiamat akan datang.
Semoga kita semua selalu dalam Lindungan dan Ampunan Allah SWT. Amiin.

Silahkan bagi yang lebih paham bisa menambah dalam kolom komentar. Mohon maaf karena admin disini bukan seorang ulama atau kyai yang tahu lebih tentang agama. Tulisan di atas hanya rangkuman yang dikutip dari beberapa sumber, sehingga jika ada kesalahan mohon dikoreksi.
Terima kasih.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih atas ilmunya..

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Sama-sama.
Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya.
Amiin

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls