Alhamdulillah... setelah sekian lama (hampir 1 tahun) tidak bisa dibuka karena laptop admin bermasalah, tepat pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H bisa dikelola kembali. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini

Selasa, 18 Desember 2012

Virus Ganas Penghapus Semua Data Komputer

"Tiada Kata Seindah Doa"

Dunia internet tidak akan pernah lepas dengan dunia virus komputer. Virus komputer terus diciptakan oleh para hacker entah apa tujuan utamanya. Tetapi yang jelas setelah muncul virus baru akan muncul juga antivirus yang baru pula, ada yang free tetapi tidak begitu handal dan ada juga yang berbayar yang dapat melindungi lebih aman.

Menurut berita yang ditulis detik.com (untuk berita asli klik link-nya) edisi 18 Desember 2012 di Iran telah ditemukan virus yang dapat menghapus semua data semua disk yang ada di komputer. Virus tersebut menyebar dengan nama GrooveMonitor.exe dalam format rar. Saat calon korban mengekstrak file tersebut, maka akan ditemukan tiga file utama yakni uboot.exejucheck.exe dan SLEEP.EXE. 

File Juboot.exe dan jucheck.exe akan mendeskripsikan diri mereka sebagai bagian update dari komponen Java. Sedangkan SLEEP.EXE merupakan aplikasi yang dibuat untuk mengaktifkan virus pada waktu yang sudah ditentukan.

Saat file jucheck.exe aktif, maka ia akan menghapus file induknya yakni GrooveMonitor.exe dan Juboot.exe, setelah itu virus ini akan mencocokkan data sebagai berikut:
  • 10-December-2012 to 12-December-2012
  • 21-January-2013 to 23-January-2013
  • 06-May-2013 to 08-May-2013
  • 22-July-2013 to 24-July-2013
  • 11-November-2013 to 13-November-2013
  • 3-February-2014 to 5-February-2014
  • 5-May-2014 to 7-May-2014
  • 11-August-2014 to 13-August-2014
  • 2-February-2015 to 4-February-2015
Setelah melewati semua pemeriksaan data dan menemukan kecocokan, maka dalam waktu 50 menit virus akan secara otomatis menghapus semua data dalam hardisk berlabel D:, E:, F:, G:, H: dan I:.

Namun menurut CERT Iran yang dikutip detikINET, Selasa (18/12/2012), virus ini disinyalir hanya menyerang komputer dari instansi atau negara tertentu. Namun tetap saja, ada kemungkinan virus ini menyebar luas di kalangan pengguna komputer lainnya.



Untuk itu kami sarankan agar berhati-hati jika mendownload suatu software atau program aplikasi tertentu yang belum pernah menggunakannya. Cermati file-file yang terkandung di dalam hasil download-an, jangan sampai kita men-download file yang didalamnya terdapat virus (terutama virus ini).

Selalu instalasi-kan antivirus pada PC atau laptop kita dengan antivirus yang selalu ter-update. Lebih ampuh lagi jika menggunakan yang berbayar.

Semoga tulisan ini menambah wawasan para pembaca agar data yang ada di PC maupun laptop tidak hilang entah kemana padahal banyak data penting. Selain itu silahkan selalu di backup data penting anda di CD atau DVD agar tetap aman.

Terima kasih
Semoga bermanfaat.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

mana contoh virusnya minta dong

Dariyanto (Totok) mengatakan...

di Indonesia belum ditemukan virus ini, baru di Iran. seperti yang ditulis di atas "virus ini hanya menyerang di negara tertentu"

M Iqbal Depiputra mengatakan...

indonesia belum yah oh untung aja bkn di indonesia ?

Anonim mengatakan...

virus jucheck sudah menyerang laptop saya...sampai skrg blum dpt antivirusnya :(
Ada yg bisa bantu ?

rifaldi mengatakan...

Kalau gue ke iran akan kubeli virus itu

Agus Herman mengatakan...

Surface pro saya sudah tidak bisa apa apa lg, di boot dr bios USB jg ga bisa... Semua data partisi factory reset jg sudah dibabad habis sm virus ini... Smp skr pihak penjual Surface di toko online sebelah jg kelabakan krn ga bs di boot, dan ga bs dibongkar di Indonesia hadeeuuh... Ouyeng

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls