Selamat datang dihalaman duniabelajar.web.id. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini. Bagi yang membutuhkan bantuan silahkan hubungi kami di WA dengan klik logo WA dihalaman ini dan bagi yang akan melihat koleksi video tugas pendidikan calon guru penggerak silahkan kunjungi channel https://www.youtube.com/user/totokdariyanto

Kamis, 17 Januari 2013

Bilangan Sempurna

"Tiada Kata Seindah Doa"


Dalam pembelajaran matematika pastilah dikenalkan beberapa jenis bilangan yang pada umumnya hanya terdiri dari bilangan bulat, bilangan genap, bilangan ganjil, bilangan prima, bilangan pecahan, bilangan cacah, dan bilangan asli.


Selain beberapa bilangan sebetulnya masih banyak macam bilangan, hanya saja bilangan-bilangan yang wajib dipahami adalah bilangan yang disebutkan diatas. Salah satu bilangan yang jarang dimengerti adalah bilangan sempurna. Bilangan sempurna adalah bilangan yang sama dengan jumlah faktor-faktornya (kecuali bilangan itu sendiri). Salah satu contohnya adalah 28. Faktor dari 28: 1, 2, 4, 7, 14 dan 28. Jika kita jumlahkan (kecuali 28) menjadi 1+2+4+7+14=28; hasilnya sama dengan bilangan asal. Seperti inilah yang dinamakan bilangan sempurna.

Bisakah mencari bilangan sempurna yang lainnya.....?
Haruskah mencoba satu persatu...? bisa-bisa sehari baru ketemu 3 atau 4 bilangan saja.

Sebetulnya ada rumusnya untuk mencari bilangan sempurna, berikut rumusnya:

2n–1(2n–1)

dengan syarat n bilangan prima

Silahkan mencoba.....!
Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan matematika.
Tulisan berikutnya: Bilangan Bersahabat

2 komentar:

Anonim mengatakan...

oke trims

Bisnis Jual Pulsa mengatakan...

Ilmu yang sangat bermanfaat.. Gan, Dan untuk Ilmu Matematika Sendiri banyak banget rumus2 yang belum dan tidak semua dr Kita mengetahuinya...., Ok..Support U...! Thanks....!!!

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls