Selamat datang dihalaman duniabelajar.web.id. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini. Bagi yang membutuhkan bantuan silahkan hubungi kami di WA dengan klik logo WA dihalaman ini dan bagi yang akan melihat koleksi video tugas pendidikan calon guru penggerak silahkan kunjungi channel https://www.youtube.com/user/totokdariyanto

Senin, 13 Juni 2022

Koneksi Antar Materi : Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran KHD

"Tiada Kata Seindah Doa"

Setelah saya mempelajari pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) dalam pendidikan calon guru penggerak angkatan 5 Kab.Semarang, ada perubahan pemahaman saya tentang murid. Awalnya saya berpikir bahwa murid adalah ibarat kertas kosong yang harus kita tulisi.
Peran guru disini memberikan apa yang guru ketahui agar dapat diterima dan dilaksanakan oleh murid.

Setelah belajar tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara yang mengibaratkan bahwa murid ibarat kertas yang sudah ada tulisannya tetapi masih samar-samar. Ternyata tugas guru hanyalah menebalkan tulisan-tulisan tersebut dengan cara "menuntun" agar sesuai kodrat alam dan kodrat zaman untuk menuju kehidupan yang baik.
Jadi sesungguhnya tugas guru bukanlah "menuntut" anak untuk menguasai semua apa yang diberikan oleh guru. Anak sudah mempunyai kodrat sendiri-sendiri, tugas guru hanyalah menuntun agar anak mengikuti perkembangan ke arah yang postif.

Berikut karya saya dalam bentuk video tentang kesimpulan dan refleksi setelah mempelajari pemikiran KHD:


Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls