Alhamdulillah... setelah sekian lama (hampir 1 tahun) tidak bisa dibuka karena laptop admin bermasalah, tepat pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H bisa dikelola kembali. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini

Jumat, 05 Agustus 2011

Program Untuk Menganalisa Butir Soal

Setiap guru biasanya selain membuat soal, juga dituntut untuk membuat analisis butir soal untuk mengetahui sejauh mana valid dan tidaknya suatu soal. Soal yang valid bisa digunakan kembali untuk tahun berikutnya, akan tetapi soal yang tidak valid harus diubah dan dicoba kembali diujikan kepada siswa agar soal tersebut valid dan bisa dijadikan dasar untuk mengetahui kemampuan siswa.

Sayangnya tugas tersebut kadang membuat para guru kesulitan menganalisanya. Ada beberapa bapak/ibu guru melakukannya secara manual sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Kadang satu soal ulangan saja bisa memakan waktu hampir berjam-jam untuk mengetahui validitas soal, tingkat kesukaran dan indeks daya beda. Dari hal tersebut sehingga kadang para guru malas untuk membuatnya, akibatnya soal yang kadang tidak valid diujikan kembali di tahun depan.

Sekarang guru dituntut untuk bisa bekerja secara profesional dengan diberikan tunjangan profesi yang sangat besar. Pemerintah tidak tanggung-tanggung dalam memberikan tunjangan profesi, yaitu sebesar 1 bulan gaji pokok. Bayangkan jika Golongan IVa dengan masa kerja lebih dari 20 tahun bisa mendapatkan tunjangan profesi lebih dari 2,5 juta rupiah per bulan. Sedangkan bagi Non PNS diberikan 1,5juta rupiah per bulan.

Untuk mempermudah menganalisa soal, disini saya coba untuk berbagi software yang bisa digunakan untuk analisa butir soal. Dengan bantuan software anates ini bapak/ibu guru begitu memasukkan jawaban peserta didik dan kunci jawabannya maka langsung terlihat hasil analisanya.

Software ini bisa anda dapatkan secara gratis, tetapi saya hanya memohon untuk tidak dikomersilkan. Saya mendapatkan software ini dari pemateri saat Pelatihan Penggembangan Guru SMP Satu Atap di Bandung tanggal 18 Juli 2011 sampai dengan 22 Juli 2011 yang lalu, tepatnya dilaksanakan di Hotel New Naripan Bandung yang diselenggarakan oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Software ini tidak perlu diinstal dan ukurannya sangat kecil. Dalam bentuk zip hanya sekitar 1,7Mb; tetapi setelah diekstrak bisa sampai 3,2Mb.

Baiklah tanpa panjang lebar, bagi yang membutuhkan program untuk menganalisa butir soal silahkan anda download software-nya dengan mengklik tautan di bawah ini (dijamin gratis):


Bagi anda yang kesulitan menggunakannya, silahkan tulis komentar di bawah ini, akan saya coba bantu untuk menggunakannya. Tapi saya yakin begitu dibuka pasti bapak/ibu guru langsung bisa menggunkannya, karena software ini sangat praktis dan mudah.

Semoga membantu

6 komentar:

nyoto mengatakan...

bagus mas jazakumullah khairan katsiran was

Dariyanto, S.Pd. mengatakan...

Terima kasih. Semoga bermanfaat

SDN Kauman mengatakan...

makasih pak sangat bermanfaat sekali programnnya

Dariyanto (Totok) mengatakan...

terima kasih juga telah mampir kesini.
ditunggu kunjungan berikutnya

Anonim mengatakan...

Maaf pak, saya tertarik fitur dg blog bapak. Apa ada software nya pak Kalo ada apa saya bisa mendapatkan. -maksum-Lamongan

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@maksum: fitur-fitur yang ada di sini bawaan dari template, hanya dimodifikasi sedikit.

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls