Menurut Informasi bahwa Kurikulum 2013 akan dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai Tahun Pelajaran 2014/2015. Bagi yang membutuhkan silabus dan buku kurikulum 2013 (Matematika SMP) silahkan dicari pada halaman ini.

Sabtu, 11 Juni 2011

BELAJAR MUDAH IRISAN DAN GABUNGAN HIMPUNAN

Peserta didik kelas 7 SMP biasanya sulit membedakan antara hasil irisan dan hasil gabungan dua himpunan. Ini terjadi karena kurang memahami materi, atau kadang guru dalam menjelaskan kurang jelas dalam membedakan hasil irisan dan gabungan.

Dari kata-katanya:
Irisan berarti memotong, atau lebih jelasnya perpotongan antara dua himpunan. Yang lebih mudah lagi yang namanya memotong berarti ada bagian yang sama-sama terpotong yaitu anggota yang sama.
Gabungan berarti kumpulan beberapa bagian, yaitu semua anggota himpunan yang digabung.

Dari simbolnya :
Irisan simbolnya seperti huruf  n yang berarti atasnya tertutup. Lihat saja jika ada tempayan tertutup maka barang yang bisa masuk hanya yang besarnya sama dengan lubang belakang tempayan, jika tidak sama maka sulit untuk masuk. Sehingga irisan yaitu semua anggota yang sama.
Gabungan simbolnya seperti huruf  u  yang berarti lubangnya menganga ke atas. Lihat saja benda-benda yang menganga ke atas maka semua benda akan masuk ke dalam lubang tersebut, sehingga gabungan yaitu semua anggota baik yang sama maupun yang tidak sama.

Lebih jelasnya:
Jika orang telungkup maka mulutnya tertutup sehingga benda yang bisa masuk otomatis yang sama dengan lubang yang ada. Berbeda ketika orang menghadap ke atas maka semua lubang terbuka dan siap untuk memasukkan apa saja. (maaf bukan porno)

Contoh :
A = { a , b , c , d }
B = { b , d , f , g }

A iris B  = { b , d }
A gabung B = { a , b , c , d , f , g }

Demikian sedikit tentang Himpunan, semoga membantu.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

pagi,,
kalo misalnya ada soal
V' irisan W
W' - V'
(V' gabung W)'
(V gabung W )'
aksen dan selisih tuh gimana..
segera balas yah

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Mohon maaf, untuk menjawab soal tersebut dibutuhkan info yg lebih jelas.
1. Antara V dan W saling lepas atau V iris W mempunyai anggota
2. Ini penjelasan untuk jenjang SMP, SMA atau Sarjana. Karena sangat berbeda dalam penjelasannya. Jika SMp biasanya sudah diketahui anggota dan semestanya. Jika sarjana masuk dalam pembuktian

Aksen itu maksudnya adalah bukan anggota atau dengan kata lain yang tidak ada di dalamnya. contoh: A={1,2,3} berarti 4 atau 0 termasuk A' (jika ada dalam semesta)

Poskan Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls