Selamat datang dihalaman duniabelajar.web.id. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini. Bagi yang membutuhkan bantuan silahkan hubungi kami di WA dengan klik logo WA dihalaman ini dan bagi yang akan melihat koleksi video tugas pendidikan calon guru penggerak silahkan kunjungi channel https://www.youtube.com/user/totokdariyanto

Minggu, 15 Juli 2012

Pedoman Uji Kompetensi Guru (UKG)

"Tiada Kata Seindah Doa"

Uji Kompetensi Guru saat ini beritanya sangat gencar sekali. Apalagi dengan sistem online, banyak guru yang was-was karena jangankan tes online, ada beberapa teman-teman yang mengoperasikan komputer saja belum bisa. Jika dalam berita disebut-sebut hanya yang sudah sertifikasi, dalam aturannya ternyata tidak. Guru yang sudah mempunyai NUPTK (baik sertifikasi atau belum) akan mengikuti Uji Kompetensi Guru, hanya saja waktunya berbeda.


Dalam Pedoman Uji Kompetensi Guru (UKG) disebutkan bahwa Uji Kompetensi Guru (UKG) dilaksanakan secara online dan Ujian Tulis. Untuk pelaksanaan bagi guru yang sudah bersertifikasi untuk Uji Kompetensi Guru (UKG) secara online akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Juli 2012 sampai 12 Agustus 2012 dimulai dari Guru SMP, SMA, SMK, TK, SD dan seterusnya sampai terakhir SLB. Sedangkan untuk kepala sekolah pada bulan Oktober 2012.

Ujian tulis (manual) rencananya akan dilaksanakan serentak pada tanggal 4 September 2012 bagi guru yang sudah mengantongi sertifikat pendidik (bersertifikasi).

Adapun untuk guru yang belum bersertifikasi (khusus guru PNS dan guru tetap yayasan) akan mengikuti Uji Kompetensi guru yang rencananya akan dilaksanakan tahun 2013 baik ujian secara online maupun ujian secara manual (tulis).

Untuk kisi-kisi Uji Kompetensi Guru (UKG) hampir sama dengan Uji Kompetensi Awal (UKA) yang dilaksanakan tahun ini sebagai syarat mengikuti sertifikasi guru. Bagi anda yang membutuhkan kisi-kisi tersebut sudah pernah saya muat dihalaman ini pada menu sertifikasi. Atau bagi yang butuh kisi-kisi, untuk menuju halaman kisi-kisi Ujian Kompetensi Awal (UKA) silahkan klik disini  untuk menuju halaman kisi-kisi Uji Kompetensi Guru (UKG) silahkan klik disini. Katanya antara dua kisi-kisi tersebut hampir sama, hanya pada kisi-kisi UKG lebih terperinci per jenjang (SMP, SMA/SMK).

Untuk lebih jelasnya tentang isi pedoman Uji Kompetensi Guru (UKG) silahkan download pada link di bawah ini:


semoga bermanfaat.
Jika berkenan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, atau jika merasa terbantu boleh donasi dengan transfer apa saja (ha...ha.... ini hanya canda saja)

0 komentar:

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls