Alhamdulillah... setelah sekian lama (hampir 1 tahun) tidak bisa dibuka karena laptop admin bermasalah, tepat pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H bisa dikelola kembali. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini

Minggu, 04 September 2011

Tata Surya : Merkurius

Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari, dengan jarak 60 juta Km dari matahari. Karena paling dekat dengan matahari, maka merkurius bias terlihat dengan mata telanjang. Merkurius hanya bisa dilihat pada waktu subuh sebelum matahari terbit, atau pada sore hari pada saat matahari terbenam.

Merkurius merupakan planet terkecil dalam susunan tata surya kita, dengan diameter 4.879 Km. Bergerak mengelilingi matahari matahari selama 88 hari, ini merupakan planet tercepat dalam mengitari matahari. Tetapi merkurius sangat lambat dalam melakukan perputaran pada porosnya, satu putaran penuh diselesaikan dalam waktu 58 hari 16 jam. Satu hari di merkurius kurang lebih 180 hari di bumi.

Sedangkan untuk suhu permukaan antara –173 derajat Celcius hingga 427 derajat Celcius.

Merkurius merupakan planet yang sering tertabrak oleh meteor, sehingga pada permukaannya terdapat kawah-kawah yang disebut crater.

Sebagai tambahan informasi : Pesawat antariksa Mariner 10 pada tahun 1974 mengunjungi Planet Merkurius sebanyak tiga kali, dan selalu melihat sisi permukaan yang sama dari planet tersebut.

Ingin melihat Merkurius ......?
Ini caranya :
Cari sebuah bintang berwarna sedikit merah jambu di sebelah timur pada saat pagi hari sebelum matahari terbit. Atau di sebelah barat ketika matahari baru saja tenggelam. Tetapi yang paling jelas terlihat di pagi hari.

Referensi : Sema Gul . 2007 . Ruang Angkasa . Bogor : Yudhistira

0 komentar:

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls