Alhamdulillah... setelah sekian lama (hampir 1 tahun) tidak bisa dibuka karena laptop admin bermasalah, tepat pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H bisa dikelola kembali. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini

Sabtu, 10 September 2011

Tata Surya : Venus

Venus yang merupakan planet urutan nomor 2 pada urutan tata surya pada gugusan planet. Planet ini (Venus) merupakan planet terpanas dalam system tata surya. Venus ini dari segi massa dan ukurannya mirip sekali dengan bumi, maka Venus didefinisikan atau sering disebut dengan “Saudara Perempuan Bumi”.
Sedangkan saudara laki-laki bumi adalah Mars (akan dibahas pada artikel berikutnya).


Jarak Venus dari matahari 108 juta Km dan mempunyai diameter 12.103Km (diameter Bumi 12.746Km) dengan suhu permukaan mencapai 450 derajat Celcius sehingga disebut sebagai planet terpanas dalam sistem tata surya.

Venus berputar mengelilingi matahari selama 255 hari, sedangkan berputar pada porosnya 243 hari (1 hari di venus hampir sama dengan 8 bulan di bumi)

Semua bentuk permukaan Venus diberi nama perempuan, kecuali nama sebuah gunung yang diberi nama oleh seorang ahli fisika dari Inggris yang disebut Maxell (gunung tertinggi di Venus).

Pada bulan November 2005 Kantor berita ruang Angkasa Eropa (ESA) telah meluncurkan sebuah satelit khusus ruang angkasa dengan tujuan meneliti atmosfer Venus. Pesawat ini diluncurkan dari pangkalan ruang angkasa Baykonur di Kazakstan.

Venus dapat dilihat oleh mata telanjang, tetapi ini sangat berbahaya karena posisinya yang sangat dekat dengan matahari. Venus dapat terlihat sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam.

Referensi : Sema Gul . 2007 . Ruang Angkasa . Bogor : Yudhistira

0 komentar:

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls