Selamat datang dihalaman duniabelajar.web.id. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini. Bagi yang membutuhkan bantuan silahkan hubungi kami di WA dengan klik logo WA dihalaman ini dan bagi yang akan melihat koleksi video tugas pendidikan calon guru penggerak silahkan kunjungi channel https://www.youtube.com/user/totokdariyanto

Rabu, 16 November 2011

aScTimeTable Program Penyusunan Jadwal Pelajaran Automatic

"Tiada Kata Seindah Doa"


Sebagai orang yang pernah menjadi urusan kurikulum tentunya tahu persis bagaimana sulitnya mengatur jadwal pelajaran dengan skala kelas yang cukup banyak. Kelas yang banyak belum tentu sulit apabila semua guru bisa ready setiap harinya. Lebih sulit kelas yang sedikit, tetapi semua gurunya pesan hari dan bahkan pesan jam.

Sebagai contoh SMP Negeri Satu Atap Ambarawa. Tahun lalu dengan jumlah 5 kelas dan jumlah guru 12 orang, hanya 3 orang yang siap mengajar tiap hari. 4 orang yang mengajar 12 jam pelajaran dalam seminggu hanya mau berangkat 2 hari dalam 1 minggu dengan hari mengikuti guru tersebut. 2 orang yang mengajar 6 jam pelajaran dalam seminggu hanya bisa berangkat 1 hari dengan hari menyesuaikan guru tersebut. Dan 3 orang berasal dari guru SD Pasekan 02 yang juga harus menyesuaikan dengan jadwal di SD Pasekan 02.
Dari pengalaman sulitnya merancang jadwal, maka mencoba untuk cari cara agar mudah membuat jadwal. Tahun 2005 pernah dapat program aScTimeTable dan saya coba pergunakan untuk membuat jadwal pelajaran saat istri menjadi wakil kepala sekolah di SMP Muhammadiyah Jambu. Akan tetapi banyak kekurangannya. Kemudian mencoba versi-versi berikutnya, dan tahun 2010 yang lalu mendapatkan program yang akan di share sekarang ini.

aScTimeTable adalah suatu program yang diperuntukkan bagi guru yang bertugas mengatur jadwal pelajaran. Dengan program Time Table pembuatan jadwal jadi sangat mudah, karena tinggal memasukkan nama kelas, Mata pelajaran, nama guru, jumlah jam mengajar guru, dan data pendukung pembuat jadwal pelajaran. Setelah data semua masuk tinggal kita klik sekali, tunggu sampai jadwal tertata rapi, kemudian di cetak. Selesailah tugas membuat jadwal pelajaran.

Keuntungan lain dengan menggunakan Time Table seorang kurikulum bisa menentukan jam keberapa seorang guru harus kosong alias tidak mengajar untuk melaksanakan tugas lain. Bahkan bisa saja pada hari tertentu seorang guru mengikuti MGMP sehingga harus tidak ada jadwal mengajar. Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Penasaran dengan program ini .......!

Program aScTimeTable sebetulnya berbayar, tetapi untuk versi demo ini diberikan secara cuma-cuma agar bisa dicoba terlebih dahulu. Untuk versi demo bisa digunakan tetapi tidak bisa dicetak, dan hanya bisa dipakai beberapa hari.

Akan tetapi jangan kawatir, semua bisa diatur asal mengetahui caranya. Di sini akan diuraikan bagaimana menggunakan program ini tanpa bayar tetapi bisa digunakan dengan lancar. Yang penting disini tujuannya adalah membantu sesama guru terutama yang merancang jadwal pelajaran (biasanya urusan kurikulum).

Silahkan di download program tersebut dengan klik tulisan di bawah ini:



Semoga membantu
Silahkan tinggalkan jejakmu dengan meninggalkan pesan.

11 komentar:

Anonim mengatakan...

link sdh rusak, jika masih memiliki file aScTimeTable, apa saya bisa minta, terimakasih

Dariyanto (Totok) mengatakan...

silahkan tuliskan alamat emailnya, nanti akan dikirim ke email anda

Anonim mengatakan...

tolong kirim asktimetable 2010 kemari ya amal_khairil_3009@yahoo.co.id (lagi butuh ni), makasih ya sebelumnya.

Anonim mengatakan...

pak vilenya sudah gak ada tolong pak kirim ke email mchmashudi@gmail.com makasih banyak sebelumnya

Dariyanto (Totok) mengatakan...

silahkan dunduh. link sudah saya perbaiki

kadek mengatakan...

pak saya tidak bisa mendownloadnya...
kalau bisa tolong kirimi ke email saya pak...
Khadek_saa@yahoo.co.id makasih sblumnya

Dariyanto (Totok) mengatakan...

melalui yahoo tidak bisa karena sebuah program yang didalamnya ada serial number-nya. silahkan cukup klik link diatas dan masuk ke mediafire. setelah itu klik warna hijau (biasanya) dengan tulisan download(18.28MB). tunggu saja perintah berikutnya.

Dariyanto (Totok) mengatakan...

ternyata email khadek_saa@yahoo.co.id tidak terdaftar di yahoo.co.id
begitu saya kirim ada notifikasi mailer-daemon

Anonim mengatakan...

bisa minta dengan registrasinya pak.. tolong kirim ke yayank.achim@gmail.com.. terima kasih

Dariyanto (Totok) mengatakan...

silahkan unduh saja file diatas (dalam bentuk rar). disitu sudah ada cara registrasinya dan serial numbernya.

Supriadi mengatakan...

Makasih banget informasinya buat admin yang sangat handal membagikan informasi penting seperti ini
Interview kerja "apa kelemahan anda",
Contoh Soal psikotes PDF
Antivirus terbaik,
Cara buat blog

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls