Menurut Informasi bahwa Kurikulum 2013 akan dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai Tahun Pelajaran 2014/2015. Bagi yang membutuhkan silabus dan buku kurikulum 2013 (Matematika SMP) silahkan dicari pada halaman ini.

Minggu, 24 Juni 2012

Kiat-kiat Belajar Matematika Dengan Mudah

"Tiada Kata Seindah Doa"


Setelah beberapa hari tidak bisa update blog ini karena kesibukan mengurus anak-anak kemah, mengurus cap tiga jari pada ijazah, dan juga mengurus raport, Alhamdulillah hari ini bisa kembali menulis walaupun sebetulnya koneksi internet tidak lancar.

Tidak dipungkiri bahwa pelajaran matematika banyak ditakuti oleh siswa mulai dari SD sampai SMA, bahkan sampai mahasiswa-pun kadang kesulitan belajar matematika. Anda termasuk di dalamnya...? Silahkan baca paparan berikut........!


Belajar matematika ibarat memanjat pohon harus dimulai dari bawah, tidak langsung naik sampai puncak. Memanjat harus pelan-pelan mulai dari paling bawah, jika bagian bawah belum diinjak secara sempurna jelas mustahil untuk bisa menginjak yang atasnya. Jika hal ini dipaksakan kemungkinan besar akan terjatuh. Begitu pula dengan belajar matematika, jika konsep yang paling bawah belum dikuasai maka konsep berikutnya akan sulit dikuasai.

Maka dari itu untuk bisa belajar matematika sudah seharusnya konsep-konsep dasar matematika harus dikuasai terlebih dahulu. Konsep-konsep dasar mayoritas diajarkan di sekolah dasar (SD). Mayoritas anak-anak yang Matematika saat SD kesulitan pada jenjang SMP juga lebih merasa kesulitan.

Sebetulnya konsep matematika itu sangatlah mudah tanpa harus menghafal, cukup dipahami dan dimengerti. Salah satu contohnya ketika mendapatkan konsep dasar tentang penjumlahan yang diajarkan kelas 1 SD. Ketika kelas 1 SD diajarkan 1+1=2, 2+3=5 dan seterusnya, maka anak tidak perlu menghafal sampai ribuan. Ketika konsep ini dikuasai jelas anak akan mudah untuk menghitung bilangan-bilangan yang lebih tinggi. Tanpa menghafal siswa bisa menjumlahkan bilangan 2000 dan 5000 atau yang lainnya. Apakah anak perlu menghafal 2000+5000=7000.....? jawabannya pasti tidak....! inilah mudahnya belajar matematika, cukup memahami konsep tidak perlu menghafal.

Untuk itu jika kita ingin bisa belajar matematika secara mudah, maka sudah sepantasnya saat sekolah dasar konsep-konsepnya harus kita kuasai terlebih dahulu. Karena konsep-konsep saat SMP tidak lepas dari konsep yang diajarkan saat SD.

Berikut kiat belajar matematika yang efektif :

Saat di sekolah (SMART) :

1.      Siapkan pelajaran dengan baik. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan membawa perlengkapan belajar dan telah mengerjakan PR
2.      Menyimak uraian guru dengan baik dan penuh konsentrasi. Sampai sekarang saya yakin semua orang masih ingat materi kelas 1 SD, tidak perlu dihafal kitapun akan selalu bisa untuk menghitung penjumlahan. Mengapa ini terjadi....? karena saat kelas 1 SD mayoritas siswa masih mau memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. Tetapi ketika sudah mulai menginjak kelas 3 dan seterusnya, kadang saat guru menjelaskan uraian materi siswa lebih cenderung berbicara dengan teman atau tidak konsentrasi menerima pelajaran (melamun, main sendiri, dsb) sehingga uraian yang diberikan guru tidak sepenuhnya diterima. Ini menyebabkan konsep tidak bisa dipahami sempurna, yang mengakibatkan konsep berikutnya akan lebih sulit diterima.
3.      Aktif bertanya jika ada uraian guru yang tidak jelas
4.      Rajin mengerjakan tugas. Dengan seringnya berlatih mengerjakan soal pada pelajaran matematika, maka akan semakin memudahkan untuk memahami suatu konsep. Karena pada dasarnya matematika akan mudah diingat dan dipahami dengan banyak latihan mengerjakan soal.
5.      Tuliskan rangkuman apa yang sudah diampaikan oleh guru.

Saat di rumah (CERDAS) :

1.      Catat teori, rumus dan konsep matematika. Untuk memudahkan dan mengingat, tempelkan catatan rumus pada tempat yang strategis (depan meja belajar) sehingga bisa dibaca kapan saja.
2.      Efisien menggunakan waktu belajar
3.      Rajin mengerjakan soal-soal latihan
4.      Disiplin belajar, terartur, dan koefisien
5.      Aktif bertanya pada teman yang lebih pandai atau orang lain yang lebih menguasai.
6.      Serahkan kepada Allah SWT dengan perbanyak berdo’a

Demikian kiat belajar matematika yang dirangkum dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi. Semoga bisa dijadikan sebagai referensi dalam mempelajari matematika. Sehingga anggapan matematika sulit tidak akan muncul kembali pada diri kita.

Matematika sebetulnya mudah (baca kembali posting "Matematika Mudah"), hanya kadang diri kita saja yang menganggap sulit. Kemauan, ketekunan dan do’a merupakan kunci utama sukses belajar matematika.

Tunggu kiat-kiat berikutnya.
Semoga bermanfaat.
Jika punya pengalaman lain dan berkenan silahkan luangkan waktu untuk menuliskan pada kolom komentar.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

saya kurang setuju dengan kiat CERDAS yang di rumah. anda bilang :"6. Serahkan kepada Allah SWT dengan perbanyak berdo’a"... jadi, menurut anda cara terakhir bila kita tidak mengerti tentang matematika adalah hanya berdoa dan menyerahkan masalah pada tuhan saja?... bukannya saya tidak percaya, tetapi DOA TANPA USAHA ibaratkan Pohon tanpa buah, apa guna'a bila kita memiliki pohon banyak tetapi tidak ada satu pun yang berbuah..

sekian saran dari saya

terimakasih

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Bukannya Do'a tanpa usaha, tetapi itu dilakukan setelah beberapa cara tetap tidak bisa memahami (langkah 1-5) maka alternatif terakhir dengan berdo'a. Karena mungkin dengan banyak berdo'a akan dapat membukakan pikiran kita sehingga dikemudian hari akan bisa memahami sedikit demi sedikit.
"Usaha tanpa do'a juga bohong belaka"

elangtakbersayap mengatakan...

Mas Dariyanto (Totok)
Ijin Copas artikel yah...
Sangat memotivasi untuk teman2 sya supaya lebih giat lagi belajar matematikanya Tips y Ok. Mksih.
Backling elangtakbersayap.wordpress.com

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@elang: Silahkan. Jika tidak keberatan tuliskan sumbernya

Anonim mengatakan...

bagaimana menurut anda mengenai les matematika kumon

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@Anonim: Mohon maaf saya tidak akan memberikan komentar apapun terhadap bimbingan belajar. Kalau yang lain mau berkomentar silahkan. Yg penting jika ingin menguasai matematika pahami dulu konsep dasarnya, bukan hanya cara cepat mengerjakan soal.

Poskan Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls