Selamat datang dihalaman duniabelajar.web.id. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini. Bagi yang membutuhkan bantuan silahkan hubungi kami di WA dengan klik logo WA dihalaman ini dan bagi yang akan melihat koleksi video tugas pendidikan calon guru penggerak silahkan kunjungi channel https://www.youtube.com/user/totokdariyanto

Selasa, 06 September 2011

Geogebra Software Bagi Guru Matematika

Hari ini merupakan hari terakhir libur sekolah, ini berarti mulai besok pagi akan kembali beraktifitas berkumpul dengan anak-anak.

Saat tadi mengikuti acara Halal Bihalal sekolah tempat istri saya bekerja (saya pernah menjadi GTT di sekolah tersebut), saat ketemu dengan teman sesama mapel matematika beliau bercerita bahwa temannya mempunyai software matematika yang bisa digunakan untuk menggambar persamaan garis, besar sudut, kemiringan/gradien, dll yang menyangkut menggambar dalam matematika.

Begitu teman bercerita, saya ingat bahwa pernah punya software tersebut. Karena jarang dipakai (maklum tidak ada tutorialnya) saya lupa menyimpannya di mana. Malam ini sambil menunggu acara siaran langsung sepak bola mendingan buka laptop dan mencari software geogebra seperti yang diceritakan teman saya tadi siang.

Setelah buka beberapa flashdisk, akhirnya ketemu juga software tersebut. Hanya untuk tutorialnya yang bahasa indonesia belum juga ketemu. Tutorial aslinya memang bahasa inggris dalam bentuk pdf, tetapi saya pernah ketik ulang dalam terjemahan bahasa Indonesia.

Setelah saya pikir-pikir lebih baik saya share saja software geogebra ini, siapa tahu ada teman yang membutuhkan.

Biasanya Guru Matematika kesulitan dalam menggambar soal yang berkaitan dengan garis, sudut, segitiga, dll; terutama jika pembelajaran menggunakan LCD Projector. Jika digambar dengan tangan mungkin tidak ada masalah, tetapi jika menggunakan ketikan mungkin kesulitan, apalagi tidak menguasai photoshop atau aplikasi untuk menggambar lainnya. Bagi yang mengalami masalah seperti di atas, mungkin inilah solusinya yaitu menggunakan software geogebra.

Untuk mendapatkan software tersebut cukup download saja, dijamin gratis dan tidak muter-muter. Agar lebih mudah maka melalui 4shared saja agar bisa menggunakan IDM, karena jika menggunakan Ziddu maka IDM-nya harus dimatikan. Besar file kira-kira 4,5Mb dalam bentuk zip agar tidak kena virus.

Inilah linknya :


Semoga bermanfaat.
Jika sempat tinggalkan komentar ya.......!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

saya sudah punya tp perlu petunjuk penggunaan

Dariyanto (Totok) mengatakan...

tutorialnya yang ada dalam bahasa inggris. untuk bahasa Indonesia belum punya.

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls