Alhamdulillah... setelah sekian lama (hampir 1 tahun) tidak bisa dibuka karena laptop admin bermasalah, tepat pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H bisa dikelola kembali. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini

Selasa, 06 Desember 2011

2012 Seragam dan Sepatu Siswa Miskin Dibiayai BOS

"Tiada Kata Seindah Doa"

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di tahun 2012 mendatang memutuskan akan membiayai keperluan personal siswa miskin melalui dana bantuan operasional sekolah (BOS). Keperluan personal siswa yang dimaksud antara lain, seragam, sepatu dan transport siswa.


“Jadi, dana BOS yang awalnya hanya membiayai biaya operasional sekolah saja, namun di tahun 2012 mendatang juga membiayai keperluan personal siswa. Sehingga, para siswa tidak perlu lagi mengeluarkan biaya apapun untuk sekolah. Tapi perlu diingat, ini khusus untuk siswa yang tidak mampu” ungkap Dirjen Pendidikan Dasar Kemdikbud, Suyanto di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (5/12).

Menurut mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini, biaya personal harus diberikan karena pada kenyataanya banyak siswa yang tidak bersekolah dengan alasan tidak memiliki seragam untuk sekolah. “Sehingga, tidak ada alasan lagi bagi anak-anak yang tidak mampu untuk tidak bersekolah. Semua harus sekolah. Nanti sekolah yang akan mengecek kemampuan per siswanya,” tegasnya.

Kebijakan menambahan peruntukkan dana BOS itu diambil setelah dana BOS 2012 akan mengalami kenaikan hingga 40 persen atau mencapai lebih kurang Rp 23 triliun untuk menutupi biaya operasional 100 persen. Dengan rincian pada RAPBN 2012, untuk jenjang SD unit costnya mencapai Rp 580.000 rupiah per anak per tahun untuk 28 juta anak SD. Sementara untuk SMP terdapat 10,3 juta siswa dengan unit cost Rp 710.000 rupiah per anak per tahun.

Ditegaskannya, anggaran BOS untuk 2012 akan turun pada awal Januari. Sementara penyaluran dana BOS dari kas umum negara ke kas umum provinsi oleh Kementerian Keuangan akan berlangsung hingga hari ketujuh setelah anggaran turun. Selanjutnya proses penyaluran dana BOS dari provinsi ke sekolah oleh dinas pendidikan ke provinsi dimulai pada hari kesembilan hingga ke-16. “Dinas pendidikan harus segera merekap nomor rekening sekolah,” pintanya. (cha/jpnn)

2 komentar:

seragam kerja kantor murah di surewi mengatakan...

Alhamdulillah,, semoga penggunaan dana BOS bisa semakin luas agar dapat benar-benar membantu anak bangsa yang membutuhkan pendidikan khususnya bagi mereka yang kurang mampu,,

Dariyanto (Totok) mengatakan...

itulah harapan pemerintah

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls