Menurut Informasi bahwa Kurikulum 2013 akan dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai Tahun Pelajaran 2014/2015. Bagi yang membutuhkan silabus dan buku kurikulum 2013 (Matematika SMP) silahkan dicari pada halaman ini.

Selasa, 13 Desember 2011

Cara Mengatasi Cegukan Berkepanjangan

"Tiada Kata Seindah Doa"

Cegukan (jawa:cekik-en) memang kadang mengganggu kita dalam bekerja ataupun sedang komunikasi dengan orang lain. Bahkan ketika kita makan ditempat orang lain bisa membuat malu karena dikira makan secara tergesa-gesa.

Dari beberapa sumber yang saya baca dan dari pengalaman pribadi, berikut beberapa tips dan trik cara mengatasi cegukan :

  1. Menghirup udara melalui hidung dan menahan nafas selama mungkin kemudian mengeluarkan secara pelan-pelan melalui mulut (bisa juga menahan nafas dengan kepala tengadah)
  2. Menelan gula kering satu sendok teh (menghilangkan cegukan sementara). Logikanya bahwa gula akan mengirimkan sinyal melalui serabut syaraf yang akan menggangu lengkung refleks cegukan
  3. Tidur berbaring dengan kedua kaki ditekuk ke arah perut (lakukan sampai cegukan berhenti)
  4. Membungkuk hingga jari tangan menyentuh jari kaki dengan kaki lurus, selama kira-kira 1 menit
  5. Tarik lidah ke depan secara pelan-pelan dengan jari sampai tidak bisa ditarik kembali
  6. Dengan bernapas dalam sebuah kantong kertas. Tiup dan hirup sebanyak 10 kali dengan cukup kuat sampai wajah memerah. Lakukan dengan cepat, dan usahakan kantong kertas tertutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalamnya, jadi udara yang dihirup adalah udara yang banyak mengandung karbondioksida (sumber: yahoo.co.id)
  7. menahan napas selama mungkin, lalu menelan ketika cegukan dirasakan akan datang. Lakukan sebanyak 2-3 kali kemudian tarik napas dalam dan mulai lagi
  8. Menahan air dalam mulut sampai mulut mengembung dalam posisi berdiri tegak. Kemudian menunduk pelan-pelan (seperti hendak mencium lutut, air masih ditahan di mulut), selanjutnya sambil menelan air perlahan-lahan seirama badan sedikit demi sedikit ditegakkan kembali. Saat badan tegak air dalam mulut sudah tertelan habis
Ini hanya beberapa trik saja. Anda bisa memilih salah satu cara di atas. Jika cara-cara diatas masih belum menyembuhkan cegukan, maka silahkan hubungi dokter terdekat (tapi jangan dokter hewan lho.....! he..he...)

Jika anda punya pengalaman lain, silahkan tambahkan di komentar.
terima kasih 

37 komentar:

Agus soeroso mengatakan...

Ini yang aku cari, biasa cegukan sampai 2 hari. Coba dulu ah...!

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Terima kasih telah mampir disini.

Anonim mengatakan...

da yg laen nya gak????

Dariyanto (Totok) mengatakan...

tunggu aja tip dan trik berikutnya

Anonim mengatakan...

ttep gk berfungsi nih cara" nya........ tetep aj cegukan

Dariyanto (Totok) mengatakan...

di akhir posting sudah saya tulis:
Jika cara-cara diatas masih belum menyembuhkan cegukan, maka silahkan hubungi dokter terdekat.
jangan remehkan cegukan, karena bisa saja terjadi penyumbatan aliran pernafasan.

Jelly Gamat Luxor mengatakan...

makasih, berkat anda cegukan saya hilang..

Dariyanto (Totok) mengatakan...

sama-sama. terima kasih juga telah mampir kesini

Anonim mengatakan...

belum sembuh pak

Dariyanto (Totok) mengatakan...

itu hanya beberapa cara (dari pengalaman pribadi). Jika masih belum sembuh dalam waktu yang lama silahkan hubungi dokter siapa tahu ada penyebab lain yang tidak kita ketahui.

Anonim mengatakan...

Alhmdulilah..
Lngsung smbuh pas coba nomer 8..
Mkasih bang...

Dariyanto (Totok) mengatakan...

sama-sama. terima kasih juga telah mampir kesini

joel Arthur mengatakan...

Makasih yh sarannya, no.5 berguna bgt.

Dariyanto (Totok) mengatakan...

sama-sama.
Indahnya saling berbagi.

Anonim mengatakan...

terima kasih .. sarannya berhasil ....

Dariyanto (Totok) mengatakan...

sama-sama.
Terima kasih juga telah mampir kesini.

udin mengatakan...

udah 2 hari cegukan gk sembuh2,, perasaan semua cara dah ku coba,,, sembuh bentar kemudian cegukan lagi,,,,hadew gk nyaman banget,,tadi dikasih tips sama temanku yaitu meminum air tanpa napas dengan cara ditenggak (bahasa jawa) manjur juga,,namun cegukan lagi bebrapa menit kemudian... sampe capek rasanya,,perut pegel, tidur susah,,,kalau lagi begini menyesali knp gk bersyukur katika bisa bernafas tanpa cegukan sperti skarang ini

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@udin: jika sudah berbagai cara dilakukan tetapi tetap tidak sembuh, silahkan hubungi dokter. bisa saja diakibatkan penyumbatan pada saluran pernafasan yang kadang kita tidak tahu.

Anonim mengatakan...

benar-benar manjur, saya sangat tersiksa selama 30 menit karena cegukan terus menerus, lalu saya ikuti saran yg pertama langsung hilang cegukannya, tx ya...

fajri ajie mengatakan...

Alhamdulillah Akhirnya Hilang juga cegukan setelah mencoba yg no.1...Makasih ya

Anonim mengatakan...

Makasih. Cegukan saya langsung sembuh pas nyoba no.1 .

Anonim mengatakan...

Biasanya si penderita harus dikagetkan secara tiba-tiba, saat si penderita cegukan sedang santai, silakan dicoba untuk dikagetkan.
Bisa dengan contoh memecahkan balon di dekat penderita dengan jarum sehingga terdengar letupan balon tersebut, namun harus tanpa disadari oleh penderita bahwa ada orang yang akan mengagetkan nya.
Namun tidak disarankan untuk penderita yang memiliki penyakit jantung ya, demi kebaikan bersama :D


Terimakasih

Anonim mengatakan...

Coba minum minuman bersoda seperti sprite/fanta/coca cola kalau nanti sdh bersendawa besar berarti sdh sembuh, trus lega deh.....

Evayana SE mengatakan...

makasih...cara#1,lgs siap tidur,dr td sibuk terlompat lompat melulu krn cegukan,hehehe...ampuh!!

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@all: indahnya berbagi

Anonim mengatakan...

terima kasih dan al hamdulillah tipsnya berhasil dan mudah2an allah membalas budi baik anda dengan yg lebih baik. amin

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Sama-sama.
Amiin...Amiin YaRobbal'alamin

rianto halomoan mengatakan...

MAKASIH EA BARU BACA NOMOR SATU GUE PRAKTEKIN LANGSUNG SEMBUH...............

rianto halomoan mengatakan...

MAKASIH EA BARU BACA NOMOR SATU GUE PRAKTEKIN LANGSUNG SEMBUH...............

Anonim mengatakan...

alhamdulillah sembuh dengn nomr 1
Terimakasih

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Sama-sama.
Indahnya berbagi

Deddy Sanjaya mengatakan...

klo saya cegukan saya minum 7 teguk air tanpa nafas, di jamin hilang.saya dpt info ini dr film jet li lupa judulny.sangat ampuh dan mujarab.

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Terima kasih atas tambahan tips-nya

Anonim mengatakan...

Yupz ok..betul bgt tuh Pak Dar..tengkyu info'y tp di kampungku malah kalo bayi cegukan ditempeli potongan tikar pandan di dahi'y lho...heee

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Ada hubungannya tidak ya, antara potongan tikar pandan dengan ceguk-an....?
Tapi itu sugesti, mungkin ada benarnya juga.

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah..mksh pak..mmmm bagi juga dong trik2 ngajarin matematika buat anak SD kelas atas biar lebih nyanthel di otak heee..

Dariyanto (Totok) mengatakan...

@Anonim: Untuk trik ngajarin anak SD jika dijelaskan lewat tulisan akan susah menjelaskannya. Yang penting tanamkan ke anak bahwa matematika bukan mata pelajaran yang sulit. Matematika mudah dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Poskan Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls